Destinasi-Wisata-Alam-Terindah-di-Bali
/ / 10 Destinasi Wisata Alam Terindah di Bali yang Hits (2021)

10 Destinasi Wisata Alam Terindah di Bali yang Hits (2021)

Bukan tanpa alasan Bali mendapat sebutan Pulau Dewata. Bagaimana tidak, kalau pulau ini menyajikan semua keindahan bak surgawi. Terutama wisata alamnya yang mengagumkan. Ada berbagai rekomendasi destinasi wisata alam terpopuler di Bali. Mulai dari pantai Kuta, Pandawa Beach, danau Buyan hingga Hidden Canyon Beji Guwang.

Kamu yang ngaku seorang traveler harus tahu di mana saja tempat tersebut. Supaya kamu bisa menjelajah Bali, the summer paradise, sampai ke pelosoknya. Penasaran? Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Pantai Kuta

Wisata-alam-di-Bali---Pantai-Kuta
Pantai Kuta, Bali.
LokasiKuta, Kabupaten Badung, Bali (Cek di Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga Tiket Masuk (HTM)Gratis.
Fasilitas wisataArea parkir, toilet, tempat bilas, tempat makan, persewaan papan surfing, penginapan, toko cindermata.
Rating ulasan4,5/5.0 – 35.863 ulasan Google.

Katanya, belum ke Bali namanya kalau kamu tidak mampir Pantai Kuta. Pantai ini berada dekat dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Kalau dari bandara, perjalanannya sekitar 15 menit saja. Lokasi pantai ini strategis, tidak heran banyak turis mengunjunginya.

Pantai Kuta terkenal dengan keindahan pantainya. Pasirnya putih lembut dengan ombak yang nyaman dibuat berselancar. Ombaknya bagus tapi tetap aman, untuk berenang juga. Makanya, Pantai Kuta cocok untuk peselancar pemula. Di samping itu, Kuta juga terkenal banget dengan sunset-nya.

Oleh karena itu, di tepi pantai banyak kursi malas dan juga ada tikar yang disewakan. Kamu bisa duduk-duduk sambil menikmati panorama pantainya. Selain itu, di sepanjang pantai Kuta, ada restoran, kafe, hingga penginapan dan hotel dengan beragam kelas.

2. Sacred Monkey Forest Sanctuary

Wisata-alam-di-Bali-Sacred-Monkey-Forest-Sanctuary
Mandala Wisata Wenara Wana (Monkey Forest Ubud), Bali.
LokasiJl. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali (Cek di Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 09.00 – 17.00 WITA.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp80.000/orang.
Fasilitas wisataArea parkir, toilet, loker, jalur jalan kaki, nursery room, kedai.
Rating ulasan4,5/5.0 – 33.712 ulasan Google.

Nama asli tempat wisata ini yaitu Mandala Wisata Wenara Wana. Namun, lebih dikenal dengan Sacred Monkey Forest Sanctuary. Di sini, kamu bisa bercengkerama dengan para monyet. Kemudian, daya tarik lainnya adalah pura sakral umat Hindu Bali yang ada di dalam.

Terdapat sebuah pura bernama Pura Dalem Agung Padangtegal. Jadi, kamu bisa berwisata religi juga. Begitu masuk, kamu akan disambut dengan suasana hutan yang rindang. Ada pepohonan hijau menjulang tinggi. Kamu pun akan merasakan udara segar yang sejuk.

Tempat ini cocok untuk relaksasi, bersantai menikmati kesejukan, sembari menyaksikan tingkah para monyet. Oh iya, monyet di sini adalah jenis kera ekor panjang, Macaca fascicularis. Dalam Bahasa Inggris, disebut dengan macaque. Nah, selain itu, masih ada aktivitas lainnya. Kamu dapat berjalan menapaki hutan di jalur setapak yang sudah dirapikan untuk pengunjung.

3. Tegenungan Waterfall

Wisata-alam-di-Bali-Tegenungan-Waterfall
Tegenungan Waterfall, Gianyar, Bali.
LokasiJl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali (Cek di Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 06.30 – 18.30 WITA.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp20.000/orang.
Fasilitas wisataArea parkir, toilet, kamar bilas, spot foto, warung makan, penginapan.
Rating ulasan4,3/5.0 – 20.945 ulasan Google.

Tegenungan Waterfall adalah hidden paradise di Bali. Lokasinya ada di tengah hutan di Desa Kemenuh, Sukawati, Gianyar, Bali. Daya tarik yang paling memesona di sini tidak lain adalah pemandangannya. Terutama, di pagi hari saat sinar matahari menembus di antara pepohonan.

Sementara, air terjun Tegenungan ini debit airnya besar. Di bawahnya, tempat air jatuh mengalir, terdapat kolam yang airnya dangkal. Airnya pun jernih dan dingin. Kamu bisa berenang atau sekadar merendam kaki di kolam tersebut. Di tengah suara derasnya air, terdengar kicauan burung. Semuanya menambah atmosfer yang chill di sini.

Nah, selain berendam dan juga berenang, ada aktivitas lainnya lagi. Aktivitas tersebut tidak lain adalah berfoto di air terjun. Cocok buat kamu yang suka fotografi. Kamu bisa selfie ataupun memotret pemandangan air terjunnya. Setiap spot terlihat instagrammable, lho.

4. Bali Bird Park

Wisata-alam-di-Bali-Bali-Bird-Park
Bali Bird Park, Bali.
LokasiJl. Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali (Cek di Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 09.00 – 17.30 WITA.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp100.000/orang dewasa. Rp45.000/anak usia 2-12 tahun.
Fasilitas wisataArea parkir, toilet, restoran, kafe, toko cinderamata.
Rating ulasan4,5/5.0 – 8.691 ulasan Google.

Bali Bird Park adalah tempat yang cocok untuk rekreasi bersama keluarga. Benar, tempat ini merupakan taman burung yang indah. Luas areanya sekitar 2 hektar. Tempatnya dapat menampung kurang lebih 1.000 ekor burung. Semuanya dari 250 jenis burung yang beragam. Jenis burung yang ada di sini berasal dari Indonesia, Afrika, dan Amerika Selatan.

Aktivitas seru di sini ada banyak. Kamu bisa melihat sekaligus memberi makan burung jenis Papua, pelikan, dan nuri hitam. Kamu juga dapat menikmati atraksi seperti pertunjukan burung terbang dan menangkap mangsa. Kemudian, ada juga theatre tempat menonton film burung dengan layar empat dimensi. Bioskopnya juga full AC.

Nah, bahkan ada atraksi Komodo Experience. Kamu bisa melihat saat petugas memberi makan komodo. Seru banget melihatnya langsung, tak seperti saat menonton acara TV. Masih banyak yang bisa kamu lakukan di sini. Taman burung ini sekaligus merupakan wisata edukasi yang bagus untuk anak-anak.

5. Pandawa Beach

Wisata-alam-di-Bali-Pandawa-Beach
Pandawa Beach, Bali.
LokasiDesa Kutuh, Kabupaten Badung, Bali (Cek di Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 08.00 – 18.00 WITA.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp8.000/orang dewasa. Rp4.000/anak.
Fasilitas wisataGazebo, kios dan warung makan, area parkir, toilet, kamar mandi, ruang ganti, musala, toko cinderamata.
Rating ulasan4,6/5.0 – 6.262 ulasan Google.

Pandawa Beach atau Pantai Pandawa makin terkenal sekarang ini. Bahkan pantai ini sekarang menjadi salah satu ikon wisata Bali. Lokasinya berada di Desa Kutuh, Kabupaten Badung. Warga lokal biasa mengenalnya dengan nama Pantai Kutuh. Sementara, wisatawan mancanegara biasa menyebutnya secret beach of Bali.

Keunikannya yang paling khas yaitu adanya patung Panca Pandawa dan sang ibu, Dewi Kunti. Patung-patung ini berada di dalam enam lubang di kiri jalan raya menuju pantai. Kamu bisa melihatnya dari atas tebing. Keenam patungnya, yaitu patung Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa, serta Dewi Kunti.

Pantai ini berpasir putih dan ombaknya tenang, lalu kontras dengan langit yang biru. Indah banget. Oh iya, selain berenang, kamu bisa melakukan aktivitas naik kano! Kemudian, satu lagi yang menjadi favorit adalah pijat refleksi di Pandawa SPA. Tempatnya di pinggir pantai persis. Kamu bisa pijat sambil rebahan di kursi malas. Nyaman pokoknya.

6. Kemenuh Butterfly Park

Wisata-alam-di-Bali-Kemenuh-Butterfly-Park
Kemenuh Butterfly Park, Bali.
LokasiJl. Raya Kemenuh, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali (Cek di Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 08.30 – 17.30 WITA.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp100.000/orang dewasa. Rp50.000/anak.
Fasilitas wisataArea parkir luas, pusat kuliner, restoran dengan view persawahan, toko souvenir dan oleh-oleh khas Bali, toilet, ATM, kolam ikan koi, museum kupu-kupu.
Rating ulasan4,2/5.0 – 3.485 ulasan Google.

Seperti namanya, Kemenuh Butterfly Park adalah taman kupu-kupu yang sangat menarik. Tempatnya berlokasi di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Di sini adalah tempat konservasi kupu-kupu. Ada sekitar 15 spesies kupu-kupu dengan target mencapai angka 50.

Nah, kamu bisa melihat proses kupu-kupu berkembang biak di sini. Mulai dari saat bertelur, menetas, sampai bisa terbang dan menjadi kupu-kupu dewasa. Jadi, tempat ini juga ideal untuk wisata edukasi, seperti study tour. Di sini, kupu-kupu beterbangan di dalam kandang besar dengan atap jaring kawat. Jadi, kupu-kupunya nggak akan lepas keluar taman.

Kemudian, ada juga bunga dan tanaman sesuai dengan kebutuhan kupu-kupu. Makanya, kupu-kupu tidak akan kekurangan makan sepanjang musim. Ada pula beragam jenis pohon ditanam untuk ulat. Menarik, ya. Tentunya yang tidak kalah asyik, kamu bisa foto-foto di berbagai spot di sini. Berfoto selfie juga bisa banget.

7. Lake Buyan Bedugul

Wisata-alam-di-Bali-Lake-Buyan-Bedugul
Wisata alam di bali, danau Buyan.
LokasiPancasari, Sukasada, Buleleng, Bali (Cek di Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 07.00 – 19.00 WIB.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Fasilitas wisataArea parkir luas, toilet, ATM, restoran, toko souvenir, Masjid.
Rating ulasan4,6/5.0 – 234 ulasan Google.

Danau Buyan sangat populer di kalangan wisatawan. Tempat ini merupakan salah satu danau alami di Bali yang terbentuk dari kaldera besar. Dua danau lainnya adalah danau Tamblingan (di sebelah barat) dan danau Berata (di sebelah timur). Ketiga danau tersebut dikenal oleh masyarakat Bali sebagai danau kembar.

Jika kamu foto dengan angle yang bagus, kamu bisa mendapatkan keindahan danau yang menakjubkan. Beberapa wisatawan yang terkagum-kagum dengan keindahan danau Buyan, Bali sering menggunakan foto-foto indah danau Buyan sebagai wallpaper Hp/Laptop.

Selain menjadi kawasan wisata yang Instagramable, danau Buyan juga menjadi primadona wisata camping di Bali. Kecantikan danau dan kesejukan udara membuat Lake Buyan Bedugul menjadi salah satu tempat camping di Bali yang terpopuler.

Nah, aktivitas yang paling disukai wisatawan saat camping biasanya adalah berfoto. Latar belakangnya yaitu danau Buyan yang cantik. Biar kamu dapat spot bagus, berfotolah saat pagi hari. Kalau sudah siangan bakal ramai banget. Selain berfoto, kamu juga bisa menyewa perahu. Dengan perahu ini, kamu bisa mengelilingi Danau Buyan. Seru, lho.

Cukup diingat saja, kedalaman danaunya 80 meter. Jadi, hati-hati saat kamu menaiki perahu ke tengah danau. Oh iya, selain danau Buyan, tempat menarik lainnya yang terdekat adalah Kebun Raya Bedugul Bali. Di sini, ada macam-macam tanaman buah, kebun, dan pohon-pohon. Kamu bisa sekalian mampir, nih.

8. Taman Nasional Bali Barat

Wisata-alam-di-Bali-Taman-Nasional-Bali-Barat
Taman Nasional Bali Barat.
LokasiJl. Raya Cekik – Gilimanuk Bali Barat Jembrana, Bali, Indonesia (Cek di Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 08.00 – 18.00 WITA.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp2.500/orang.
Fasilitas wisataPusat informasi, rumah makan, pondok, menara pengamatan, perahu motor, wisata cinta alam, camping ground, penangkaran jalak Bali, peralatan menyelam.
Rating ulasan4,5/5.0 – 2.824 ulasan Google.

Taman Nasional Bali Barat atau TNBB adalah destinasi yang sangat populer. Sekilas tentang sejarahnya, pada tahun 1982, kawasan hutan Bali Barat ditetapkan sebagai calon Taman Nasional. Kemudian, pada tahun 1995, kawasan tersebut ditetapkan sebagai TNBB seluas 19.002,89 ha.

Ada potensi yang khas di TNBB, yaitu spesies jalak Bali atau Leucopsar rothschildi. Rupanya ini merupakan spesies burung paling langka di dunia. Jumlahnya nggak lebih dari empat ekor, lho. Di samping itu, TNBB lengkap banget tempatnya. Di sini, ada dua ekosistem, yaitu darat dan laut. Jadi, kamu dapat melakukan aktivitas di kedua kawasan tersebut.

Kamu bisa berkemah, melihat penangkaran jalak Bali, sampai trekking juga bisa. Kalau mau menikmati ekosistem lautnya, kamu bisa naik perahu serta menyelam juga. Ekosistem laut meliputi pantai berpasir, coral reef, hingga padang lamun. Oh iya, tentu saja banyak terdapat satwa juga di sini. Ada kijang, landak, penyu, ikan hiu dan masih banyak lagi. Seru abis!

9. Hidden Canyon Beji Guwang

Wisata-alam-di-Bali-Hidden-Canyon-Beji-Guwang
Hidden Canyon Beji Guwang, Bali.
LokasiJalan Sahadewa, Banjar Wangbung, Guwang, Sukawati, Guwang, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali (Cek di Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 08.00 – 17.00 WITA.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp15.000/orang.
Fasilitas wisataArea parkir, toilet, tempat ganti baju, warung makan, pemandu.
Rating ulasan4,5/5.0 – 2.110 ulasan Google.

Hidden Canyon Beji Guwang sebenarnya udah ada sejak lama. Namun, belakangan barulah namanya mulai terkenal. Terutama, karena banyak yang mengekspos di media sosial. Canyon atau Guwang ini berupa lembah yang dalam, sempit, dan berlereng curam. Tebing terjal di sisinya terbentuk karena erosi yang disebabkan aliran sungai.

Tentunya yang bisa kamu nikmati di sini, adalah pemandangan canyon atau ngarai yang eksotis. Dahulu, tempat ini biasa dimanfaatkan warga lokal untuk memancing. Namun, kini sudah jarang sejak Beji Guwang menjadi tempat wisata. Oh iya, ada Pura Beji di sekitar aliran sungai di ngarainya. Di pura tersebut, ada pancuran air yang dimanfaatkan buat kebutuhan minum warga.

Makanya, tempat ini disakralkan, sehingga kamu perlu berpakaian rapi dan bersikap sopan. Sedikit tips, datanglah saat musim kemarau, saat aliran sungainya tidak deras. Kemudian, jam ideal untuk datang yaitu sekitar pukul 9 pagi. Kamu jadi bisa sekaligus menjelajah tiga ngarai. Lalu, disarankan kamu menggunakan pemandu warga lokal biar nggak tersesat.

10. Bukit Campuhan

Wisata-alam-di-Bali-Bukit-Campuhan
Bukit Campuhan, Bali.
LokasiJl. Bangkiang Sidem, Kelusa, Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali (Cek di Google Maps).
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga Tiket Masuk (HTM)Gratis.
Fasilitas wisataArea parkir, toilet, jalur trekking, persewaan sepeda, tempat istirahat.
Rating ulasan4,5/5.0 – 2.040 ulasan Google.

Bukit Campuhan merupakan destinasi populer di Ubud, Bali. Tempatnya keren dengan lokasi di perbukitan. Bukit ini terkenal dengan jalur trekking-nya. Juga pemandangan hijau rerumputan serta ilalang di sepanjang jalur tersebut. Bahkan, Bukit Campuhan jadi salah satu tempat jalan-jalan dan jogging terpopuler di Bali. Tidak lain karena pemandangan alamnya yang epik.

Oh iya, tempat ini juga memiliki nama lain, yaitu Campuhan Ridge Walk. Kamu bakal terpesona beneran oleh keindahan alamnya yang hijau. Ditambah lagi ada suara alam mengiringi kamu saat jalan-jalan. Kalau ke sini, disarankan kamu berangkat pagi hari. Biar tidak panas dan udaranya masih sejuk. Kamu juga memiliki lebih banyak waktu buat jogging dan trekking.

By the way, ada sedikit catatan. Bukit Campuhan dikenal suci dan bersejarah. Ada tempat ibadah juga. Jadi, kamu diharapkan bersikap sopan. Kemudian, biasakan membuang sampah pada tempatnya. Jaga kebersihan lingkungannya. Selain itu, memang ada warung, tapi kamu bisa bawa bekal juga. Terutama, air minum dan makanan ringan untuk dikonsumsi saat trekking.

Jadi, kita barusan sudah jalan-jalan keliling Bali. Belum, sih. Cuma baca rekomendasi tempat wisata saja. Akan tetapi, kamu jadi punya gambaran, kan, mau traveling ke mana. Secara pribadi kami paling terpikat oleh Taman Nasional Bali Barat. Di sana, seakan semua keajaiban alam berada di satu tempat. Kamu bisa menjelajah daratan dan lautan sesuka hatimu. Kalau kamu kira-kira paling suka destinasi yang mana? Tulis di kolom komentar, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *