Perbedaan MKV dan MP4
/ / Perbedaan MKV dan MP4

Perbedaan MKV dan MP4

Bagi kamu pecinta tontotan film dan video sudah pasti tidak asing dengan format bernama MKV dan MP4. Tapi, tahu tidak kamu perbedaan MKV dan MP4?

Meski ada banyak jenis format file video, MKV dan MP4 hingga kini menjadi format yang populer. Kedua format file video itu terkenal dengan tingkat kompresi yang baik serta mudah dijumpai di aplikasi edit video.

Nah, kali ini kami akan membagikan pengetahuan mengenai perbedaan MKV dan MP4. Simak dengan saksama ya!

Pengertian dari Format MP4

MP4 atau MPEG-4 Part 14 adalah format file yang di dalamnya berisikan audio, video, gambar hingga subtitle. Pada tahun 2003, Moving Picture Experts Group mulai merilis format file ini secara resmi. Format file ini pun memiliki banyak dukungan platform seperti PC Windows, HP, Mac dan situs streaming yang membuat kiprahnya kian populer.

Kepopulerannya juga didukung oleh banyak Codec dan platform pemutar video. Tidak heran jika MP4 menjadi format file video langganan dan telah banyak diketahui dan digunakan banyak orang sejak awal kemunculannya hingga saat ini.

Ketahuilah, file video dengan format MP4 juga mendukung kompresi tingkat tinggi untuk menurunkan ukuran file. Sehingga kamu tidak harus merelakan kehilangan kualitas gambar dan suaranya.

Baca Juga: Pengertian Muti Boot dan Perbedaannya dengan Dual Boot

Pengertian dari Format MKV

MKV atau Matroska Video merupakan format file video yang telah ada sejak tahun 2002. Format file video ini dikembangkan dengan baik oleh Matroska.org.

MKV sangat cocok untuk video apa pun dan bisa digunakan secara gratis. Konsep open source yang diusung pada format file video ini memiliki banyak kelebihan dari format file video lainnya.

MKV mampu menyimpan video dalam jumlah banyak, gambar serta subtitle dalam satu file. Format file ini juga memiliki banyak fitur unik yang menjadi kelebihannya dibandingkan format file lain seperti MP4 dan AVI.

Perbedaan Utama Antara Format MKV dan MP4

Sudah tahu kan apa itu format MKV dan MP4. Nah, kini saatnya kamu menyimak lebih jauh mengenai perbedaan MKV dan MP4. Melansir dari Thelastsurvivoes.org, sedikitnya ada tiga perbedaan utama yang perlu kamu ketahui, antara lain sebagai berikut:

1. Kualitas

Manakah format file video dengan kualitas baik, MKV atau MP4? Kamu mungkin juga bertanya-tanya terkait hal itu.

Ketahuilah, kebanyakan file video dengan format MKV memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan MP4. Namun, tidak berarti ukuran yang besar menandakan kualitasnya juga lebih baik lho.

Misalnya, ketika kamu mempunyai file video dengan kualitas gambar dan audionya sama dan menggunakan encode yang sama, serta pengaturannya sama, maka hasil kualitas video dan audionya pun bisa dikatakan sama persis.

Jadi, kita tidak bisa menentukan format file video mana yang memiliki kualitas terbaik. Dengan kata lain, tidak terdapat perbedaan signifikan di antara kedua format file video tersebut.

2. Ukuran

Lantas, bagaimana perbedaan MKV dan MP4 dari segi ukurannya?  Nah, perihal ukuran MP4 masih menjadi juaranya. Ya, jika dibandingkan dengan format MKV, MP4 memiliki ukuran file yang lebih kecil. Bahkan, bisa dikatakan MP4 memiliki ukuran file yang paling kecil dari format file video lainnya yang berkualitas.

Kamu bisa melakukan kompres file MKV untuk mendapatkan ukuran yang lebih kecil. Namun cara itu mengakibatkan penurunan kualitas video.

3. Kompatibilitas

Dari segi kompabilitas, MP4 lebih unggul dibanding MKV. Ketahuilah, file video MP4 bisa digunakan pada semua jenis komputer, DVD player, HP hingga situs streaming.

Adapun untuk format MKV, kamu masih bisa memutarnya di perangkat HP atau laptop dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang mendukung format tersebut. Kamu bisa menggunakan aplikasi pendukung seperti VLC.

Keuntungan Format Video MKV

Buat kamu yang lebih suka menggunakan format video MKV, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan dari format video ini. Antara lain sebagai berikut:

  • Format open source gratis
  • Didukung oleh banyak aplikasi pemutar video gratis
  • Tidak memerlukan lisensi
  • Mendukung hampir semua jenis Codec
  • Mendukung ragam fitur menarik dibandingkan MP4
  • Mendukung metadata, menu dan Chapters
  • Dapat memutar file rusak

Keuntungan Format Video MP4

Buat kamu yang lebih tertarik dengan format MP4, inilah sejumlah keuntungan yang bisa kamu dapatkan:

  • Mempunyai dukungan perangkat yang sangat luas
  • Mendukung hampir semua Codec
  • Kualitas tinggi dengan ukuran relatif kecil dibandingkan MKV
  • Mempunyai dukungan situs streaming dan browser
  • Muda ditemukan dan dikirim dari satu perangkat ke perangkat lain
  • Format didukung oleh asosiasi industri resmi
  • Terdapat banyak aplikasi pemutar video yang mendukung format MP4

Itulah pembahasan tentang perbedaan MKV dan MP4. Dari pembahasan di atas, bisa disimpulkan kalau kedua format file video itu memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Jadi, menurutmu format file video mana yang paling bagus?

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *