pengertian seni musik
/ / Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni Musik

Seni Musik merupakan susunan bunyi ataupun suara yang didalamnya berisi irama, nada, musik dan juga keharmonisan yang timbul dari komponen atau alat yang dapat menghasilkan irama,

Musik digolongkan sebagai jenis fenomena intuisi, untuk membuat, memperbaiki, dan mempersembahkan. Oleh karena itu musik adalah suatu bentuk seni. Mendengarkan musik ialah jenis hiburan.

Musik merupakan bentuk fenomena yang unik yang bisa timbul oleh sejumlah alat musik, akan tetapi bisa juga dihasilkan tanpa alat yang dirancang untuk menciptakan nada.

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Pengertian musik menurut para ahli tentu dikutip sebanyak 3 yakni :

1.  Banoe

Musik berasal dari kata muse yakni dewa pada mitologi Yunani antik bagi cabang ilmu dan seni; dewa seni dan juga ilmu pengetahuan. Lebih lanjut, beliau berpendapat bahwa musik juga ialah cabang seni yang membahas dan menetapkan bermacam suara ke pada pola-pola yang bisa dimengerti dan dipahami oleh manusia.

2. Jamalus

Seni Musik merupakan hasil karya seni berupa bunyi pada bentuk musik dan komposisi yang mengungkapkan pikiran ataupun perasaan penciptanya dengan unsur-unsur pokok musik yaitu irama, melodi, harmoni, dan bentuk ataupun struktur musik serta ekspresi sebagai suatu kesatuan.

3. Sylado

Menyatakan bahwa seni musik merupakan wujud hidup dari kumpulan ilusi dan alunan suara. Lebih jelas beliau mengatakan bahwa alunan musik dengan nada yang berjiwa tentu mampu menggerakkan hati penikmatnya.

4. Lexicographer

Sebagai seorang ahli kamus menyatakan bahwa seni musik ialah kombinasi nada, vokal, dan instrumental yang harmoni untuk mengekspresikan segala sesuatu yang bersifat emosional.

Dari beberapa Pengertian Seni Musik menurut Para ahli diatas, bisa kita simpulkan bahwa seni musik adalah sebuah karya seni yang timbul efek dari ekspresi perasaan manusia menggunakan nada ataupun suara yang serasi dan indah. 

Fungsi Seni Musik

1. Sarana Ekspresi diri

Seni musik ini menjadi sarana ekspresi diri karena lebih mudah memberikan ungkapan perasaan dari pemainnya. Selain itu nada-nada yang terdapat pada musik juga memiliki ekspresi yang dikeluarkan.

Seperti ekspresi saat perasaan sedih, nada yang dibunyikan merupakan nada yang bertempo lambat dan halus, sedangkan saat perasaan bahagia, nada yang dibunyikan merupakan nada yang bertempo lekas dan menggebu-gebu.

2. Sarana Hiburan

Seni musik ialah pilihan yang benar untuk hiburan. Bahkan setiap orang memerlukan musik untuk selalu menjaga mood nya agar tetap stabil, akan tetapi musik juga bisa melalaikan orang dari kegiatan sehari-harinya apabila tidak dipakai dengan efektif.

3. Sarana Terapi

Seni musik sebagai sarana terapi telah dikenal sejak perang dunia ke-II untuk mengobati para korban pada peperangan. 

Sampai saat ini juga penyakit mental ataupun kelumpuhan organ tubuh menggunakan terapi dengan musik, karena musik mampu menyegarkan kembali sistem kerja otak.

4. Sarana Upacara

Upacara-upacara di Indonesia seperti upacara kenegaraan, keagamaan, perkawinan, kelahiran dan kematian terhadap biasanya menggunakan iringan dari seni musik. Di beberapa daerah juga terdapat yang meyakini bahwa alat musik mempunyai kekuatan magis.

5. Sarana Komersial

Bagi para seniman ataupun musisi, seni musik dijadikan salah satu sumber mata pencarian. Mereka merekam karya seninya lewat sebuah kaset ataupun CD yang terus dijual ke pasaran. Hasil penjualan dari bermusik dijadikan penghasilan sehari-hari mereka, dari hobi menjadi pekerjaan.

Selain itu terdapat juga para musisi yang membuat pertunjukan seperti konser, pentas seni dari panggung ke panggung yang dipungut biaya. Ditambah lagi musik biasa dikontrak sebagai pengiring sebuah film, ikan, televisi, radio dan dan sebagainya.

6. Sarana Tari

Seni tari juga sangat erat hubungannya bila digabungkan dengan seni musik. Keduanya mempunyai keselarasan pola dan ritme satu sama lain, suatu tarian tanpa iringan irama musik tentu terasa hampa dan menyulitkan si penari karna penari membutuhkan tempo dan ritme untuk gerakannya.

Dilansir dari matakaca.com Di Indonesia sendiri bunyi-bunyian ataupun alat musik diciptakan juga untuk mengiringi tarian-tarian daerah. Maka dari itu kebanyakan tarian daerah cuma bisa diiringi oleh musik daerahnya sendiri.

Jenis – Jenis Seni Musik

1. Musik Tradisional

Musik tradisional nini telah menjadi salah satu jenis musik yang pertama, jenis seni musik ini adalah musik yang diwariskan dari nenek moyang secara turun temurun dari generasi satu ke generasi selanjutnya.

Musik tradisional sendiri masih menggunakan berbagai jenis lirik daerah, alat musiknya masih tradisional, dan juga tidak mempunyai notasi di dalamnya. mengenai di Indonesia sendiri berbagai daerah di Indonesia juga mempunyai alat musiknya masing-masing.

Beberapa contoh alat musik tradisional yang terdapat di Indonesia merupakan seperti gamelan, Saron, angklung, karawitan, gong dan masih banyak lainnya.

2. Musik Modern

Selain musik tradisional, terdapat juga seni musik modern. Musik yang satu ini menjadi salah satu jenis musik yang paling berkembang saat ini dimana ia bersifat universal dan banyak dikenal oleh orang di seluruh dunia.

Seni musik ini telah semakin berkembang dimana telah berartikulasi dengan menggunakan teknologi serta budaya yang baru. Hal ini juga mengakibatkan munculnya instrumen musik yang lebih baik untuk didengarkan.

3. Musik Kontemporer

Tahukah Anda apa itu jenis seni musik kontemporer? Musik pada zaman ini sendiri di Indonesia mulai berkembang di tahun 1990 an. Musik ini mempunyai ciri-ciri yang berbeda dengan musik modern ataupun musik tradisional.

Salah satu ciri khasnya merupakan adanya variasi suara yang lebih kompleks dimana ia mempunyai jenis bunyi, warna, ritme, dan juga tempo yang bervariasi. Nah, sumber bunyi yang bervariasi ini ternyata tidak hadir dari musik instrumental saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *