Rekomendasi-Pantai-Terindah-di-Tulungagung

10 Rekomendasi Pantai Terindah di Tulungagung

Indonesia terkenal dengan negara kepulauan yang dianugerahi jutaan pantai dan lautan yang sangat memikat mata. Sebagai orang Indonesia, seharusnya kamu lebih dulu menjelajahi keindahan alam dalam negeri daripada luar negeri, salah satunya di Tulungagung. Tulungagung menyimpan begitu banyak pesona dengan keindahan pantai tersembunyi di balik tebing-tebing yang menjulang, ibarat bagai surga tersembunyi.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan ketika di pantai Tulung Agung. Misalnya, berjemur, bermain pasir, menikmati sunrise dan sunset atau hanya sekadar mengambil foto. Biar kamu mendapatkan liburan maksimal di pesisir Tulungagung, kamu punya rekomendasi menarik. Berikut 10 rekomendasi pantai terindah di Tulungagung yang kami kutip dari laman situs napaktilas.net.

1. Pantai Gemah Tulungagung

Pantai Tulungagung - Pantai Gemah
Pantai Gemah, Tulungagung (sumber: instagram.com/meila_adelia02/).
LokasiSoireng, Keboireng, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp 5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata1 jam 4 menit  (37 km) via Jl. Raya Popoh.
Obyek wisata di sekitar pantai– Penyewaan perahu
– Hutan pinus
– Banana Boat dan Jet Ski
– Penyewaan ATV

Berlokasi di Teluk yang tersembunyi, tepatnya di Desa Keboireng. Pantai Gemah menjadi salah satu pantai yang harus kamu kunjungi jika kamu melancong ke pesisir selatan Tulungagung. Di sini, kamu bisa menemukan ombak biru yang kecil dengan pasir cokelat yang membentang luas.

Kamu juga bisa menemukan wahana yang patut untuk dicoba, seperti banana boat, perahu, ATV, flying fox, dan motor trail. Selain itu, pantai Gemah memiliki ciri khas berupa deretan pohon pinus di bibir pantai. Jajaran pohon pinus tersebut sangat indah.

Menghadirkan kerindangan dan kenyamanan saat menyantap kelezatan kuliner saat beristirahat di gazebo sekitar pantai . Seolah menjadi surganya spot foto, deretan pohon pinus banyak diincar oleh pengunjung untuk berfoto. Sehingga, mereka mendapatkan banyak like dan komen di media social.

Kalau berbicara tentang fasilitas, tentunya untuk menunjang kenyaman para pengunjung Pantai Gemah memberikan fasilitas yang lengkap. Beberapa fasilitas  yang dapat dinikmati oleh pengunjung di antaranya:

  • Bilik ganti.
  • Gazebo.
  • Kamar bilas.
  • Musholla.
  • Toilet.
  • Area parkir.
  • Warung warga sekitar.

Uniknya lagi, ada moment yang paling ditunggu-tunggu oleh pengunjung yaitu mananti sunset dan sunrise di pantai Gemah. Pesona orangenya matahari saat terbit dan tenggelam dari sisi pantai Gemah Tulungagung sangat cantik. Kamu wajib datang dan mendokumentasikannya secara langsung.

2. Pantai Popoh

Pantai Tulungagung - Pantai Popoh
Pantai Tulungagung – Pantai Popoh (sumber: instagram.com/iw_windhu10/).
LokasiJalan Raya Pantai Prigi, Watulimo, Popoh, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung. (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp 5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata54 menit  (32,9 km) via Jl. Raya Popoh.
Obyek wisata di sekitar pantai– Taman bermain – Pasar ikan

Pantai Popoh merupakan pantai dengan bebatuan kecil di teluk. Pantai yang memiliki deburan ombak laut selatan dengan pesona angin laut yang kuat. Ditambah karang-karang payung yang menyembul dari bawah laut dengan pemandangan pegunungan serta perahu nelayan yang berjajar di bibir pantai.

Pantai Popoh terkenal dengan pantai tak berpasir. Meskipun begitu, pantai ini tetap menerima ribuan kunjungan wisatawan setiap tahunnya. Pantai Popoh memberikan beberapa wahana mainan anak, kawasan toko aneka kuliner, homestay dan panggung hiburan.

Selain untuk menambah koleksi foto, kamu bisa belajar tentang situs bersejarah di sini. Di pantai Popoh kamu menemukan situs Retjo Sewu atau biasa dipanggil dengan Reco Sewu. Kemistisan situs itu didukung dengan sebuah makam legenda yang dulunya merupakan pemilik rokok Retjo Petung, perusahaan rokok lokal Minamata. 

3. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang
Pantai Kedung Tumpang (sumber: instagram.com/vee.leey/).
LokasiArea Perkebunan, Pucanglaban, Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp 5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata1 jam (34,4 km) via Jl. Demuk.
Obyek wisata di sekitar pantai– Pantai kelinci.

Terletak di Desa Pucanglaban, Pucanglaban, Tulungagung, Pantai Kedung Tumpang hanya bisa diakses oleh sepeda motor. Meskipun begitu, pantai yang terkenal dengan formasi batu karang yang unik dan air laut yang jernih ini tetap menerima ribuan kunjungan wisatawan setiap tahunnya.

Jangan heran jika kamu tak menemukan pasir karena pantai Kedung Tumpang merupakan pantai dengan tebing bebatuan. Pantai Kedung Tumpang sangat indah dengan ombak yang besar, serta gugusan karang-karang yang nampak seperti kolam renang alami di pinggir laut berwarna tosca.

Medan yang cukup curam, dan sejumlah titik akses berjalan kaki dengan bantuan tambang di tepian tangga menambah sensasi menantang. Selain itu, ada beberapa fasilitas pendukung seperti toilet, sejumlah joglo, dan warung-warung di pinggir pantainya.

4. Pantai Klatak

Pantai Klatak, Tulungagung
Pantai Klatak, Tulungagung (sumber: instagram.com/idhamanjaya/).
LokasiJalan Pantai Waru Doyong Klatak, Soireng, Keboireng, Besuki, Kabupaten Tulanggagung (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp 5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata1 jam 4 menit(34,4 km) via Jl. Raya Popoh.
Obyek wisata di sekitar pantai– Gua tersembunyi di dekat pantai.

Bukan rahasia lagi jika Tulungagung menawarkan keindahan pantai hanya dengan harga tiket yang terjangkau. Salah satunya adalah Pantai Klatak. Pantai Klatak merupakan salah satu pantai yang perlu kamu singgahi untuk melihat keindahannya yang terletak di Desa Keboireng, Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Ciri khas pantai terletak pada banyaknya keramba budidaya lobster, dengan lokasi pantai yang menghadap langsung ke arah timur. Hal itu memungkinkan kamu akan menemukan sebuah perahu dari jajaran keramba lobster yang terlihat dari atas bukit. Ditambah dengan panorama gua yang tersembunyi di dekat pantai.

Uniknya lagi, nama Klatak diambil dari bunyi bebatuan yang terkena deburan ombak. Bebatuan tersebut berasal dari aliran sungai pegunungan selatan hingga sampai ke bibir Pantai Klatak. Di Pantai Klatak pula kamu akan menemukan ketenangan air lautnya, dengan begitu kamu akan merasakan sejuknya semilir angin darat dengan duduk santai di bibir pantai.

5. Pantai Sanggar

Pantai Sanggar, Tulungagung
Pantai Sanggar, Tulungagung (sumber: instagram.com/setapakjejak__/).
LokasiArea Pegunungan, Jengglungharjo, Tanggung Gn., Kabupaten Tulungagung (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp 5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata1 jam 13 menit (37 km) via Jl. Raya Tanggunggunung.
Obyek wisata di sekitar pantai– Pantai Ngalur.

Laut biru dan pasir bersih yang menyegarkan mata para pengunjung. Tempat ini sukses membuat mata tak berkedip karena keindahan alam yang tersebar di setiap sudutnya. Pantai Sanggar berhasil menjadi The Dreamland of Tulungagung. Meskipun, akses menuju pantai ini terbilang ekstrim karena kamu dituntut untuk mengendarai motor yang disanding oleh jurang dan tebing.

Jika kamu mempunyai nyali yang besar, kamu akan berhasil mendapatkan sebuah foto yang sangat indah di tebing pucuk Pantai Sanggar. Untuk mendapatkan foto yang indah ini, kamu bisa berkunjung sekitar pukul 05.00 – 09.00 WIB atau 15.00 – 17.00 WIB.

Jelas keindahan alam yang menakjubkan itu didukung dengan adanya fasilitas yang disediakan yaitu area parkir, warung makan, kamar mandi dan musholla. Ditambah lingkungan Pantai sanggar yang masih alami yang menawarkan pelarian melepas rasa penat akibat aktivitas yang padat.

6. Pantai Sine

Pantai Sine, Tulungagung
Pantai Sine, Tulungagung (sumber: instagram.com/anditriono72/).
LokasiDusun Sine RT 05 RW 01, Sine, Kalinatur, Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp 5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata54 menit (28,8 km) via Jl. Raya Tanggunggunung.
Obyek wisata di sekitar pantaiCemoro Sewu dan Pantai Dlodo

Pantai ini berada di Desa Kalibatur, Kalidawir, Kabupaten Tulungagung.  Pantai dengan pasir coklat halus ini dihiasi dengan bebatuan coklat kecil yang menambah pesona pantai. Sehingga, tidak heran jika pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan baik di hari biasa maupun hari libur.

Pantai Sine yang terletak pada teluk yang tidak terlalu menjorok ke daratan. Bentang alam yang disuguhkan, membuat pantai ini cocok untuk menjadi sandaran perahu nelayan setempat. Kamu bisa menggunakan kondisi ini untuk mengambil hasil jepretan yang ciamik.

Jika kamu melihat di sisi utara Pantai Sine, kamu akan menemukan sebuah tebing yang mengalirkan mata air alami. Disamping adanya hutan lindung alami yang asri dengan nama Cemoro Sewu, panorama Pantai Sine didobrak dengan sajian budaya lokal sekitar seperti pagelaran kesenian wayang kulit yang biasanya akan diselenggarakan pada tanggal satu suro.

Selain itu pula, jika kamu beruntung kamu akan menemukan beberapa aktivitas nelayan yang pulang atau pergi untuk melaut. Jangan tinggalkan, sisi timur laut Pantai Sine aka nada hamparan Pantai Dlodo. Guna menunjang pesona pantai dan kenyamanan wisatawan, kamu dapat menikmati beberapa fasilitas yang disediakan seperti mushola, gazebo, kamar mandi, warung makan, serta area parkir yang luas.

7. Pantai Pacar

Pantai Pacar, Tulungagung
Pantai Pacar, Tulungagung (sumber: instagram.com/potrettulungagung/).
LokasiArea Perkebunan, Pucanglaban, Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis (Belum Termasuk Parkir).
Rute menuju tempat wisata1 jam 9 menit (35,9 km) via Jl. Demuk.
Obyek wisata di sekitar pantaiPantai Molang, Pantai Lumbung Pantai Kedung Tumpang dan Pantai Kelinci.

Pantai dengan daya tarik utama pada keberadaan air terjun mininya. Meskipun, Pantai Pacar tergolong pantai yang sempit, namun tidak luput dari ribuan jumlah wisatawan yang memadati pantai ini.

Hamparan pasir berwarna putih serasi dengan birunya warna laut membuat Pantai Pacar memiliki daya tarik pesona sendiri. Letaknya yang strategis berdampingan dengan banyak pantai lainya membuat Pantai Pacar wajib kamu kunjungi jika berada di Tulungagung.

Kamu penasaran dari mana sumber air terjun tersebut? Maka jawabannya, air terjun itu berasal dari aliran air yang bermuara pada tebing yang ada di sepanjang bibir Pantai Pacar. Tinggi tebingnya hanya sekitar 3 meter. Meskipun begitu, airnya cukup jernih dengan debit air yang tidak terlalu deras. Cocok bukan buat kamu bermain dan mengambil foto di area ini?

Pantai Pacar menjadi tempat yang rekomended buat kamu yang ingin mendirikan tenda camping, karena kamu bisa memanfaatkan lahan kosong yang cukup luas di sekitar pantai ini. Namun, sayangnya pantai ini belum memiliki cukup fasilitas yang lengkap. Jadi, buat kamu yang ingin ke Pantai Pacar jangan lupa persiapkan segala kebutuhannya.

8. Pantai Dlodo Tulungagung

Pantai Dlodo, Tulungagung
Pantai Dlodo, Tulungagung (sumber: instagram.com/potrettulungagung/).
LokasiRejosari Kalidawir, Dlodo, Panggungkalak, Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp 7.500/orang.
Rute menuju tempat wisata1 jam 9 menit (35,9 km) via Jl. Demuk.
Obyek wisata di sekitar pantaiRawa Air Payau.

Tulungagung merupakan surganya pantai, salah satunya Panta Dlodo yang wajib kamu kunjungi jika singgah di Tulungagung . Selain memberikan penawaran garis pantai yang lumayan panjang dengan posisi teluk yang menghadap langsung  ke arah laut lepas. Jangan lupakan ombak pantai yang lumayan besar menerjang pasirnya.

Pantai ini terbilang pantai yang jarang dikunjungi, terasa seperti private beach ya! Karena akses keberadaan Pantai Dlodo yang sedikit sulit. Kamu harus menghadapi tanjakan turunan, kelokan tajam, serta jalan yang sedikit rusak. 

Perjuangan ekstra tersebut, akan dibayar dengan hamparan air laut berwarna biru dan langit berwarna biru putih yang terasa menyatu dengan begitu luas. Ditambah aliran sungai di dekat pantai yang lumayan dangkal dengan air yang sangat jernih. Selain itu, Pantai Dlodo akan menyuguhkan muara air payau yang cukup rindang. Rawa ini akan ditumbuhi pepohonan yang menambah keasrian, dengan begitu Pantai Dlodo sungguh mengagumkan.

9. Pantai Coro Tulungagung

Pantai Coro, Tulungagung
Pantai Coro, Tulungagung (sumber: instagram.com/risdiken_900/).
LokasiJalan Pantai Popoh, Popoh, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, pukul 09.00-17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp 5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata1 jam 3 menit (33 km) via Jl. Raya Popoh.
Obyek wisata di sekitar pantaiPantai Popoh.

Merasa aneh dengan nama pantainya? Coro yang artinya kecoa, wah jangan-jangan ada kecoa yang berkeliaran? Tunggu dulu, jika kamu berhasil menginjakkan kaki di Pantai Coro, kesan aneh dan menjijikan itu pun langsung sirna.

Bahkan Pantai Coro tak menampakan seekor kecoa pun, nyatanya Pantai Coro merupakan pantai yang cantik dengan pasir putih yang terhampar di bibir pantai. Walaupun memang, pantai ini memiliki medan yang cukup ekstrim, karena jalan masih terbuat dari tanah. Jadi, diperlukan cukup stamina dan kekuatan ekstra untuk bisa menikmati keindahan Pantai Coro.

Keindahan yang nampak dari bentangan pegunungan yang hijau, dan air laut yang berwarna biru kehijau-hijauan. Selain itu, karang-karang ikut hadir untuk menambah daya tarik Pantai Coro tersebut. Ditambah Pantai Coro menyediakan beberapa fasilitas diantaranya :

  • Toilet
  • Kamar mandi bilas
  • Warung makan
  • Tempat beristirahat
  • Area parkir kendaraan.

10. Pantai Molang

Pantai Molang, Tulungagung
Pantai Molang, Tulungagung (sumber: instagram.com/kacamata_tulungagung/).
LokasiArea Perkebunan, Pucanglaban, Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp 8.000/orang.
Rute menuju tempat wisata1 jam 11 menit (35,8 km) via Jl. Demuk.
Obyek wisata di sekitar pantaiPantai Kedung Tumpang.

Mungkin sebagai orang merasa asing dengan Pantai Molang, nyatanya pantai yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan ini memiliki pemandangan yang cantik. Pesona pantai berpasir menyatu dengan birunya laut. Tak ketinggalan bukit karang hijau yang menambah keelokan pantai ini.

Pantai Molang yang terletak di Desa Pucanglaban, Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung ini menyuguhkan keindahan tersembunyi dibalik daya tarik pantainya. Daya tarik pantai ini diantaranya :

  • Spot terbaik menikmati sunset
  • Tempat cocok untuk mendirikan camping, serasa private beach
  • Air laut yang jernih dengan deburan ombak ke pasir putihnya

Kamu tertarik untuk menikmatinya? Sebaiknya, kamu harus mempersiapkan bekal sendiri saat berkunjung ke Pantai Molang. Fasilitas yang kurang memadai, karena lokasi Pantai Molang yang cukup susah untuk diakses.

Sudah menentukan pilihan pantai manakah yang akan kamu kunjungi di Tulungagung? Selain 10 pantai di atas. Tulungagung masih menyimpan banyak pantai yang tak kalah indah loh! Jadi, buat kamu yang penat dengan segala rutinitas, manjakan dirimu dengan liburan ke pantai terindah di Tulungagung.

Jangan lupa, selesaikan tanggung jawab pekerjaanmu. Mulailah membuat rencana liburan yang mengasyikan dengan tetap melakukan pengecekan informasi terkait pantai yang akan kamu kunjungi.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *