Jembatan Gantung Sukabumi

Jembatan Gantung Sukabumi

Sukabumi memiliki obyek wisata yang terkenal hingga ke mancanegara, yaitu Jembatan Gantung Sukabumi. Jembatan ini menjadi jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara! Artikel ini membahas secara lengkap tentang jembatan gantung Sukabumi (Situ Gunung Suspension Bridge).

Kamu akan belajar tentang:

  1. Objek Wisata Jembatan Gantung Sukabumi
  2. Struktur Jembatan Gantung Sukabumi
  3. Rute Menuju Obyek Wisata Jembatan Gantung Sukabumi
  4. Hotel Dekat Obyek Wisata Jembatan Gantung Sukabumi
  5. Wana Wisata di Sekitar Obyek Wisata Jembatan Gantung Sukabumi

Jika kamu ingin tahu fakta menarik tentang obyek wisata jembatan gantung di Sukabumi, kamu pasti akan menyukai panduan ini. Yuk, lanjut baca.

Objek Wisata Jembatan Gantung Sukabumi

Jembatan Gantung Sukabumi | Gambar: @nics_mindset via Instagram @situgunungsuspensionbridge
Jembatan Gantung Sukabumi | Gambar: @nics_mindset via Instagram @situgunungsuspensionbridge
Nama objek wisataSitu Gunung Suspension Bridge.
LokasiJalan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
Jam bukaSenin – Minggu, pukul 07.00 – 16.00 WIB.
Harga Tiket Masuk (HTM)Weekday: Rp16.000,00. Weekend: Rp18.500,00.
Harga paket wisataDewasa: Rp50.000,00. Anak-anak: Rp25.000,00. VIP: Rp100.0000,00.VVIP: Rp125.000,00.
Fasilitas wisatarakit.

Jembatan gantung Sukabumi atau sering juga dikenal dengan Situ Gunung Suspension Bridge merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Situ Gunung Suspension Bridge terletak di Taman Wisata Alam Situgunung, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Taman Wisata Alam Situ Gunung ini berada di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Melansir dari website situgunungbridge.com, Jembatan Gantung Sukabumi yang diresmikan pada Maret 2019 ini berada di ketinggian 121 meter. Panjangnya membentang hingga 243 meter dengan lebar 1,8 meter. Kalau dilihat dari kejauhan, jembatan ini seakan kokoh membelah lembah yang berada di antara dua bukit. Dan keberadaannya menghubungkan tempat wisata satu ke tempat wisata lain di kawasan Situ Gunung.

Biar kamu punya bayangan yang jelas, coba perhatikan peta kawasan wisata Situ Gunung di bawah ini:

Peta objek wisata jembatan gantung sukabumi
Peta objek wisata jembatan gantung sukabumi

Dari peta di atas terlihat bahwa Situ Gunung Suspension Bridge (nomor 5) menjadi jembatan penghubung.  Situ Gunung Suspension Bridge menghubungkan kawasan nomor 1-4 ke kawasan wisata nomor 6, 8, 9.

Artinya, kamu bisa berekreasi di Camp area, Amphitheater, De’balconeresto dan arena Flying fox terlebih dahulu. Baru menyeberangi Situ Gunung Suspension Bridge untuk menuju kawasan wisata di seberangnya. Sehingga kamu dapat menjangkau air terjun Sawer, area glamping dan kantin.

Selain sebagai jembatan penghubung, jembatan gantung juga memiliki hal spesial lainnya. Situ Gunung Suspension Bridge semakin spesial karena menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menawan. Kamu bisa melihat hamparan hutan yang masih sangat asri. Di kejauhan juga akan terlihat gagahnya Gunung Gede Pangrango. Pemandangan yang cantik sekali untuk dijadikan latar berfoto!

Struktur Jembatan Gantung Sukabumi

Struktur jembatan gantung Sukabumi
Struktur jembatan gantung Sukabumi

Jembatan Gantung Sukabumi memiliki struktur berupa lengkungan dengan empat sling baja sebagai penopangnya. Untuk lebih kuat menahan beban, ada banyak kabel penggantung baja yang disematkan pada jembatan gantung ini.

Bagian deck (lantai jembatan) dibuat berukuran 1,8 meter dengan bahan kayu ulin Papua. Kayu ulin Papua terkenal kuat dan kokoh. Kayu ini tahan terhadap kelembaban akibat perubahan cuaca dan tidak mudah dimakan rayap.

Selain itu, kayu ulin Papua memiliki tekstur yang keras dan bobot yang cocok untuk struktur jembatan gantung. Beratnya mampu menahan guncangan saat terjadi pergerakan yang berlebihan di atas jembatan gantung.

Untuk keamanan, pada kedua sisi jembatan juga dipasang jaring-jaring kawat yang cukup tinggi. Saat terjadi guncangan, terutama saat berjalan di tengah jembatan, jaring-jaring ini bisa menjadi pegangan agar posisi tetap stabil.

Catatan: Jembatan gantung Sukabumi ini sudah mendapatkan sertifikat keselamatan dan kenyamanan, serta lolos uji beban dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Daya tampung beban jembatan ini mencapai 55 ton. Namun, untuk alasan keamanan, pengelola membatasi jumlah pengunjung secara bergiliran. Sekali naik dalam waktu bersamaan hanya diperbolehkan maksimal 40 orang.

Rute Menuju Obyek Wisata Jembatan Gantung Sukabumi

Ada beberapa rute menuju obyek wisata Jembatan Gantung Sukabumi (Situ Gunung Suspension Bridge). Kamu bisa cek rute dari kota terdekat berikut ini.

  • Rute dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi (mobil)
    1. Dari Jakarta ambil akses menuju ke jalur Tol Bocimi (Bogor – Ciawi – Sukabumi). Rute Tol Bocimi ini menjadi rute tercepat karena kamu bisa menghindari daerah-daerah yang rawan macet.
    2. Setelah keluar dari Tol Bocimi, kami bisa melanjutkan perjalanan melalui Jalan Raya Sukabumi ke arah Polsek Cisaat. Dari Polsek Cisaat, tinggal ikuti petunjuk arah untuk menuju ke kawasan Situ Gunung.
  • Rute dari Jakarta dan Bogor menggunakan transportasi umum (kereta api dan angkot/ojek)
    1. Dari Jakarta, kamu bisa menggunakan commuter line tujuan Stasiun Bogor.
    2. Sesampainya di Stasiun Bogor, kamu harus melanjutkan perjalanan lagi menggunakan kereta api dari Stasiun Bogor Paledang. Ini dua stasiun yang berbeda, ya. Jadi, kamu harus keluar dulu dari Stasiun Bogor dan berjalan kaki sekitar 15 menit menuju Stasiun Bogor Paledang.
    3. Dari Stasiun Bogor Paledang, lanjutkan perjalanan dengan kereta api KA Pangrango ke Stasiun Cisaat. Stasiun Cisaat ini adalah tempat turun terdekat untuk menuju ke Jembatan Gantung Sukabumi.
    4. Dari Stasiun Cisaat, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot yang menuju ke Polsek Cisaat.
    5. Dari Polsek Cisaat, lanjutkan kembali perjalanan menggunakan angkot lain yang rutenya menuju ke kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Wisata Alam Situ Gunung).
    6. Alternatif lainnya, dari Stasiun Cisaat kamu bisa langsung menuju ke Wisata Alam Situ Gunung dengan naik ojek pangkalan atau menyewa angkot.

Catatan: Estimasi jarak dan waktu tempuh dari Jakarta menuju ke obyek wisata Situ Gintung Suspension Bridge adalah 114.4 km. Jika kamu memakai mobil dan melalui tol Jagorawi, estimasi waktu tempuh sekitar 1 jam 50 menit. Sedangkan, jika kamu berangkat dari kota Bogor, kamu perlu menempuh perjalanan sejauh 66,8 km. Atau setara dengan 2 jam 14 menit perjalanan menggunakan motor atau mobil pribadi.

Hotel Dekat Obyek Wisata Jembatan Gantung Sukabumi

Untuk kamu yang berangkat dari luar kota dan ingin menikmati liburan lebih lama di Sukabumi, maka menginap adalah pilihan terbaik. Berikut rekomendasi 5 hotel dekat obyek wisata Jembatan Gantung Sukabumi yang bisa kamu tuju. Kelima hotel ini memiliki fasilitas yang lengkap, nyaman, dan mendapatkan ulasan yang bagus dari para tamu sebelumnya.

1.   Hotel Santika Sukabumi

Hotel Santika Sukabumi
Hotel Santika Sukabumi
LokasiJalan Bhayangkara No. 28, Gunungpuyuh, Sukabumi.
Rentang hargaRp467.000,00 – Rp570.000,00.
Rating4,5/5 dari 2.123 ulasan Google.
Telepon(0266) 6225000.

Lokasi Hotel Santika Sukabumi sangat strategis dekat pusat kota. Jarak dari hotel ini menuju Jembatan Gantung Sukabumi kurang lebih 12 km. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit dalam kondisi lalu lintas normal. Hotel bintang 3 ini menawarkan banyak pilihan tipe kamar dengan harga yang cukup terjangkau. Tiap kamar memiliki fasilitas lengkap standar hotel berbintang, seperti:

  • Pendingin ruangan.
  • Free wifi.
  • TV layar datar.
  • Daily mineral water.
  • Safe box.
  • Bathing amenities.
  • Coffee and tea maker.

Selain itu, Hotel Santika Sukabumi memiliki fasilitas kolam renang outdoor, restoran, dan area parkir yang cukup luas. Cocok sekali menjadi pilihan menginap bersama keluarga saat berlibur ke Sukabumi. Selain di Google, hotel ini mendapatkan ulasan yang sangat bagus di berbagai online travel agent (OTA), seperti Traveloka, BookingCom, Agoda, maupun TripAdvisor.

2.   Horison Hotel Sukabumi

Horizon Hotel Sukabumi
Horizon Hotel Sukabumi
LokasiJalan Siliwangi No. 68, Kebonjati, Cikole, Sukabumi.
Rentang hargaRp350.000,00 – Rp600.000,00.
Rating4,5/5 dari 4.351 ulasan Google.
Telepon(0266) 223311 / 08118223311.

Horison Hotel Sukabumi adalah salah satu hotel dekat obyek wisata Jembatan Gantung Sukabumi. Untuk menuju ke kawasan wisata Jembatan Gantung Sukabumi jaraknya hanya sekitar 16 km saja. Dalam kondisi lalu lintas normal kamu bisa tiba di sana dalam waktu kurang lebih 35-40 menit. Selain itu, Horison Hotel hanya berjarak sekitar 10 menit dari Stasiun Sukabumi.

Horison Hotel Sukabumi adalah hotel bintang 3 yang memiliki kurang lebih 100 kamar dengan beberapa tipe. Konsep kamarnya didesain modern minimalis, serta dilengkapi fasilitas sesuai standar hotel berbintang.

Horison Hotel Sukabumi juga menyediakan sarapan gratis, kolam renang outdoor, restoran, coffee shop, dan spa.Hotel ini mendapatkan ulasan yang bagus dari para pengunjung sebelumnya. Nilai plus rata-rata terkait kenyamanan, fasilitas, dan keramahan para staffnya.

3.   Sparks Odeon Sukabumi

Sparks Odeon Sukabumi
Sparks Odeon Sukabumi
LokasiJalan Pejagalan No. 55, Warudoyong, Sukabumi.
Rentang hargaRp244.000,00 – Rp570.000,00.
Rating4,4/5 dari 1.719 ulasan Google.
Telepon(0266) 6220277.

Lokasi Hotel Sparks Odeon dekat dengan Jembatan Gantung Sukabumi, yaitu sekitar 14 km. Dengan kendaraan pribadi, kamu bisa tiba dalam waktu 30-35 menit di Jembatan Gantung Sukabumi atau Kawasan Wisata Alam Situ Gunung. Hotel ini mendapatkan ulasan yang sangat bagus dari para tamunya, yaitu:

  • Lokasinya strategis.
  • Akomodasi bersih dan nyaman.
  • Harga yang sepadan dengan kualitas hotel.
  • Pelayanan staf hotel yang baik dan ramah.

Sparks Odeon Sukabumi menawarkan kamar berkonsep minimalis dengan dilengkapi fasilitas pendingin ruangan, free wifi, TV layar datar, lemari, dan brankas. Tersedia juga layanan resepsionis 24 jam, parkir gratis, dan teras outdoor.

4.   MaxOne Hotels at Bounty Sukabumi

MaxOne Hotels at Bounty Sukabumi
MaxOne Hotels at Bounty Sukabumi
LokasiJalan Siliwingi No. 90, Cikole, Sukabumi.
Rentang hargaRp325.000,00 – Rp1.075.000,00.
Rating4,5/5 dari 3.961 ulasan Google.
Telepon(0266) 221900 / (0266) 7161999.

MaxOne Hotels at Bounty Sukabumi bisa jadi pilihan untuk kamu yang sedang mencari hotel dekat Jembatan Gantung Sukabumi. Jaraknya hanya sekitar 13 km. Kalau kondisi lalu lintas lancar, kamu bisa sampai ke jembatan gantung dalam waktu kurang lebih 35 menit saja. Selain itu, MaxOne Hotel berada tidak jauh dari stasiun, pusat perbelanjaan, dan pusat kuliner.

Hotel ini cocok sekali untuk kamu yang sedang berlibur bersama keluarga. Tersedia fasilitas kolam renang dan playground untuk anak-anak. Masih ada juga toko pastry, cafe, restoran, butik, spa, dan rooftop lounge. Menariknya, MaxOne Hotel memiliki beberapa spot foto yang instagrammable, lho!

Untuk pilihan kamar, ada banyak tipe mulai dari standar hingga family. Fasilitasnya sudah termasuk pendingin ruangan, TV kabel, wifi, coffee and tea maker, dan perlengkapan mandi. Fasilitas ini tentu akan tersedia lebih lengkap untuk tipe kamar dengan harga yang lebih mahal.

5. Balcony Hotel

Balcony Hotel
Balcony Hotel
LokasiJalan Selabintana No. 27, Selabatu, Cikole, Sukabumi.
Rentang hargaRp312.000,00 – Rp1.200.000,00.
Rating4,4/5 dari 1.576 ulasan Google.
Telepon(0266) 211665.

Balcony Hotel berjarak sekitar 16 km dari Jembatan Gantung Sukabumi. Durasi perjalanan dengan kendaraan pribadi kurang lebih 30-35 menit saja. Hotel ini menawarkan 3 tipe kamar, yaitu deluxe, family room, dan super deluxe.

Masing-masing dilengkapi dengan fasilitas berupa pendingin ruangan, LED TV 32”, coffee and tea maker, meja, serta balkon. Pada kamar tipe super deluxe ada tambahan berupa mountain view. Fasilitas lainnya yang juga bisa dinikmati oleh para tamu adalah restoran, kids play area, dan café.

Note!

  1. Harga dan ketersediaan kamar di kelima hotel tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Cek ulang mengenai harga dan ketersediaan kamar. Lakukan reservasi terlebih dahulu, terutama kalau kamu akan datang di hari libur.
  2. Cek harga di online travel agent (OTA) seperti Booking.Com, Traveloka, atau Agoda. Biasanya ada diskon sehingga harganya lebih hemat.

Wana Wisata di sekitar Obyek Wisata Jembatan Gantung Sukabumi

Ada 3 (tiga) wana wisata di sekitar obyek wisata Jembatan Gantung Sukabumi. Lokasinya masih cukup dekat dan bisa dicapai hanya dalam beberapa menit. Biasanya rata-rata pengunjung yang datang ke Jembatan Gantung Sukabumi pasti akan langsung mengunjungi tempat-tempat ini juga, lho. Ada apa saja? Yuk, cari tahu!

1. Camping Ground Situ Gunung

Camping Ground Situ Gunung | Gambar: @ritawang3001 via Instagram @situgunungpark
Camping Ground Situ Gunung | Gambar: @ritawang3001 via Instagram @situgunungpark

Selain jembatan gantung, di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango juga terdapat area camping ground. Camping ground Situ Gunung ini sudah lama terkenal sebagai alternatif populer tempat camping di Sukabumi. Kamu bisa sekalian mampir dan menginap di sini supaya lebih maksimal memanfaatkan waktu liburanmu.

Lokasi camping berada di tengah alam yang masih sangat asri dan tenang. Udaranya dingin dan sangat sejuk. Camping ground Situ Gunung berupa tanah lapang dengan rumput yang datar sehingga nyaman untuk berkemah. Areanya tersebar mulai dari dekat akses keluar hingga di sekitar Curug Sawer.

Biaya camping di Situ Gunung sangat terjangkau, yaitu Rp35.000,00 per orang. Harga ini hanya biaya untuk beraktivitas di area camping ground saja. Tidak ada fasilitas tenda maupun perlengkapan berkemah lainnya. Kamu bisa membawa sendiri atau menyewa tenda dan perlengkapannya ke pengelola.

Nah, untuk kamu yang malas repot membawa perlengkapan camping sendiri, tenang saja. Camping ground Situ Gunung merupakan salah satu tempat camping terbaik di Sukabumi yang memiliki fasilitas premium! Ada beberapa paket camp yang bisa kamu pilih untuk merasakan suasana glamour camping (glamping)ala Situ Gunung:

  • Bungbuay Tent (mulai dari Rp350.000,00/pax)

Fasilitas tenda: 3 single bed, perlengkapan mandi.

  • Pangrango Tent (mulai dari Rp1.400.000,00/night)

Fasilitas tenda: 4 single bed, shower, water hiter, wifi, toilet, coffee booth.

  • Gede Tent (mulai dari 1.800.000,00/night)

Fasilitas tenda: 6 single bed, teras, shower, toilet, water hiter, wifi, coffee booth,

Harga sewa tiap tipe tenda tersebut sudah termasuk akses ke Jembatan Gantung Sukabumi, tur ke air terjun dan danau, serta api unggun. Harga paket camping ini bisa berubah sewaktu-waktu, ya. Sebaiknya kamu sudah mengecek update harga terlebih dahulu ke pihak pengelola. Selain itu, lakukan reservasi sejak awal jika memang ingin camping di Situ Gunung. Camping ground Situ Gunung selalu ramai dengan pengunjung, terutama di akhir pekan atau hari libur nasional.

2. Situ Gunung Lake

Situ Gunung Lake | Gambar: hotelopedia.com
Situ Gunung Lake | Gambar: hotelopedia.com

Situ Gunung Lake adalah danau buatan manusia (man-made lake). Melansir dari kelloggsnyc.com, konon Danau Situ Gunung dibuat oleh seorang bangsawan Mataram, yaitu Rangga Jagad Syahadana atau akrab disapa Mbah Jalun. Mbah Jalun membuat danau ini sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran anak laki-lakinya yang bernama Rangga Jaka Lulunta.

Meskipun danau buatan, Situ Gunung Lake memiliki pesona yang tidak kalah dengan danau alami. Situ Gunung Lake memiliki air yang jernih, serta dikelilingi perbukitan dan hutan pinus yang masih lebat. Udaranya sangat sejuk dan suasananya sangat menyenangkan. Kamu bisa menikmati kicauan burung yang sangat merdu saat berada di area danau. Di tepi danau terdapat lahan rumput yang cukup luas. Biasanya para pengunjung akan duduk santai melepas lelah di area ini.

Situ Gunung Lake sangat cantik untuk menjadi spot berfoto. Apalagi saat kabut sedang menyelimuti permukaan danau. Pemandangan saat matahari terbit atau matahari terbenam pun tidak kalah cantiknya di danau ini.

Selain menikmati pemandangan, ada beberapa aktivitas menarik lainnya yang bisa kamu lakukan, yaitu:

Kalau kamu ingin memancing di Danau Situ Gunung, maka bawalah perlengkapan memancing sendiri. Tidak ada tempat persewaan alat memancing di Situ Gunung.

Kamu bisa menikmati suasana danau dengan menaiki sampan. Untuk berkeliling dengan sampan ini dikenakan tarif Rp20.000,00 per orang.

Kamu bisa membawa alas serta makanan dan minuman untuk bersantai di tepi danau. Area lapangnya sangat luas. Kamu bisa memilih area mana yang nyaman dan tenang. Eitss, tapi ingat, jangan membuang sampah sisa makanan dan minumanmu sembarangan, ya!

Danau Situ Gunung berjarak kurang lebih 1 km dari pintu masuk utama Kawasan Wisata Alam Situ Gunung. Kamu bisa berjalan kaki dari gerbang utama atau menyewa ojek yang banyak tersedia di sana.

3. Curug Sawer 

Curug Sawer Sukabumi | Gambar: Instagram @situgunungsuspensionbridge
Curug Sawer Sukabumi | Gambar: Instagram @situgunungsuspensionbridge

Setelah puas di Jembatan Gantung Sukabumi, cobalah mampir ke Curug Sawer. Lokasinya cukup dekat, sekitar 10-15 menit saja dengan berjalan kaki dari ujung jembatan gantung. Walaupun jalannya turun naik, tetapi aksesnya sudah dibuat aman berupa undakan-undakan berbatu.

Curug Sawer merupakan air terjun alami yang ketinggiannya mencapai 35 meter. Aliran airnya sangat deras menuruni tebing batu yang ditumbuhi bermacam tanaman merambat yang lebat. Di bagian bawah terdapat kolam kecil alami dengan banyak berbatuan kali berukuran sedang hingga besar. Kedalaman kolam ini mencapai 10 meter. Pengunjung dilarang berenang di kolam ini karena cekungannya yang dalam, serta derasnya curahan dari air terjun.

Pengunjung cukup menikmati keindahan Curug Sawer dari sekitarnya saja. Kebanyakan pengunjung akan duduk di area berbatuan untuk menikmati udara yang sejuk dan suasana alam yang eksotis. Tidak sedikit pula yang berfoto dengan latar belakang air terjun ini. Jangan lewatkan untuk berpose di jembatan kayu yang melintang di atas sungai. Dari jembatan ini Curug Sawer terlihat dengan sangat jelas dan keren sekali dijadikan latar berfoto!

Di Curug Sawer tersedia fasilitas seperti ruang ganti pakaian, toilet, musholla, dan area parkir sepeda motor. Untuk yang suka kulineran, ada banyak penjual makanan dan minuman di sekitar curug. Kamu bisa menyewa tikar untuk duduk santai sembari menyantap aneka hidangan tersebut. Itulah fakta menarik seputar obyek wisata Jembatan Gantung Sukabumi (Situ Gunung Suspension Bridge). Apakah kamu mulai tertarik mengunjunginya? Kalau kamu punya waktu libur yang cukup panjang, sempatkan untuk berkunjung ke jembatan gantung yang fenomenal ini, ya! Dalam sekali kunjungan, kamu bahkan bisa menikmati beberapa obyek wisata menarik lainnya yang ada di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Jadi, yuk, segera rencanakan liburanmu ke Situ Gunung Suspension Bridge.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *