Sejarah Kopertis Wilayah IX Sulawesi

Berdasarkan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1/PK/1968 tanggal 17 Februari 1968 yang berlaku surut mulai tanggal 10 Oktober 1967 dibentuk Koordinator Perguruan Tinggi (KOPERTI) yang mempunyai fungsi sebagai aparatur konsultatif dengan Kepala Kantor Perwakilan Pendidikan dan Kebudayaan setempat.
Pada tahun 1967 dibentuk 7 KOPERTI di seluruh Indoensia, yang terdiri dari :

KOPERTI Wilayah I
Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Riau

KOPERTI Wilayah II
Jakarta Raya, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Kalimantan Barat

KOPERTI Wilayah III
Jawa Barat

KOPERTI Wilayah IV
Daerah Istimewa Yogyakarta, Surakarta dan Kedu

KOPERTI Wilayah V
Keresidenan Pati, Semarang, Pekalongan dan Banyumas

KOPERTI Wilayah VI
Jawa Timur, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur

KOPERTI Wilayah VII
Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku dan Irian Jaya

Sehubungan dengan makin bertambahnya pendirian perguruan tinggi terutama Perguruan Tinggi Swasta di masing-masing wilayah, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 44 dan No. 45 tahun 1974 maka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 079/O/1974 tanggal 17 Februari 1974 Junto No. 094/O/1975 dilakukan perubahan nama Koordinator Perguruan Tinggi (KOPERTI) dirubah menjadi Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS).

Dalam rangka penyesuaian dengan perkembangan dibidang pengelolaan Perguruan Tinggi Swasta, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Surat Keputusan Nomor : 062/O/1982 dan Nomor 0135/O/1990 tanggal 15 Maret 1990, tentang Organisasi dan Tata Kerja Koordinator Perguruan Tinggi Swasta yang di dalamnya selain mengatur susunan organisasi dan tata kerja Kopertis juga merubah Wilayah Kerja dari 7 Wilayah menjadi 12 Wilayah, yang terdiri dari :

KOPERTIS Wilayah I di Medan
Sumatera Utara dan Daerah Istimewa Aceh

KOPERTIS Wilayah II di Palembang
Sumatera Selatan, Lampung dan Bengkulu
KOPERTIS WILAYAH IX di Jakarta
Darah Khusus Ibu Kota Jakarta

KOPERTIS Wilayah IV di Bandung
Jawa Barat

KOPERTIS Wilayah V di Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta

KOPERTIS Wilayah VI di Semarang
Jawa Tengah

KOPERTIS Wilayah VII di Surabaya
Jawa Timur

KOPERTIS Wilayah VIII di Denpasar
Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur

KOPERTIS Wilayah IX di Ujung Pandang
Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara

KOPERTIS Wilayah X di Padang
Sumatera Barat, Riau dan Jambi

KOPERTIS Wilayah XI di Banjarmasin
Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah

KOPERTIS Wilayah XII di Ambon
Maluku dan Irian Jaya

Adapun perkembangan sejarah kepemimpinan di Kopertis Wilayah IX, dimulai dari Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) No. 054/1972 tanggal 25 Maret 1972, Koperti Wilayah VII (Sulawesi, Maluku dan Irian Jaya) pertama kali dijabat oleh Dr. Muh. Natsir Said, SH sebagai Koordinator, yang pada periode tersebut dengan dikeluarkannya Kemendikbud No. 14440/C/I/1972 tanggal 31 Mei 1972 diangkat Prof. Dr. Zainal Abidin Farid, SH, menggantikan Dr. Muh. Natsir Said, SH.

Berdasarkan Kemendikbud RI No. 84266/C/I/1976 tanggal 12 Maret 1976, Koordinator yang dijabat Prof. Dr. Zainal Abidin Farid, SH, diberhentikan dengan hormat dan mengangkat Prof. Dr. Ahmad Amiruddin (Rektor Universitas Hasanudin) dengan tugas dan wewenang hanya mengkoordinasi Perguruan Tinggi Swasta.

Pada tahun 1980, Kopertis Wilayah VII Sumaliva berubah menjadi Kopertis Wilayah IX Sumaliva, dengan Koordinator H. Ridwan Saleh Mattayang, SH.

Berdasarkan Kemendikbud Nomor 0135/O/1990 tanggal 15 Maret 1990 terjadi pemekaran Kopertis se Indonesia dimana Kopertis Wilayah IX dibagi menjadi 2 (dua), yaitu : Kopertis Wilayah IX yang meliputi Sulawesi dan Kopertis Wilayah XII yang meliputi Maluku dan Papua, dimana Koordinator Kopertis Wilayah IX dijabat oleh Prof. Dr. A. Rahman Rahim sampai dengan tahun 1995.

Pada Periode tahun 1995 sampai dengan tahun 1999, Koordinato Kopertis Wilayah IX di jabat oleh Prof. Drs. A. Ahmad R. Hafidz dan Tahun 1999 – Tahun 2004 Koordinator di Jabat oleh Dr. H. Abd. Rauf Patong, sedangkan pada periode tahun 2004 sampai dengan tahun 2008, Koordinator di jabat oleh Prof.Dr.H. Aminuddin Salle,SH.,MH.

Pada Periode bulan September tahun 2008 sampai dengan saat ini Koordinator Kopertis Wilayah IX di jabat oleh Prof.Dr. H. Muhammad Basri Wello, MA.


Link Terkait
Struktur Organisasi
Sambutan Sekretaris Pelaksana
Sambutan Koordinator
Fungsi dan Tugas
Visi & Misi

Event

Komunitas

Link Pendidikan