Detail Berita | Daftar Berita

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Direktorat Pembelajaran, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti melaksanakan Sosialisasi dan Bimtek bagi Prodi yang akan menerapkan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di Aula Ridwan Saleh Mattayang, Kopertis Wilayah IX, Kamis (28/6/2018).

 

Prof Jasruddin selaku Koordinator Kopertis Wilayah IX dalam sambutannya menyampaikan harapan besar agar implementasi dari kegiatan ini dapat berjalan secepatnya sehingga dosen dengan kualifikasi S1 di PTS lingkup wilayah IX segera mendapat status yang jelas, apakah masih layak untuk mengajar atau tidak sehingga sesuai dengan syarat bahwa untuk menjadi dosen harus minimal S2.

 

Hal ini juga erat kaitannya dengan akreditasi. Sebagaimana disyaratkan oleh Ban PT bahwa sebuah prodi harus memiliki 6 dosen untuk memperoleh akreditasi karena sebuah prodi tidak boleh mengeluarkan alumni bila tidak atau belum terakreditasi, tegasnya.

 

Dalam paparan umum tata cara penyelenggaraan RPL yang disampaikan oleh Alam Nasrah Ikhlas, narasumber yang juga merupakan Kepala Seksi Rekognisi Pembelajaran Lampau Belmawa dituliskan bahwa konsep RPL merupakan konsep telah digunakan di dunia internasional dan Indonesia dalam hal ini Kemenristekdikti telah memiliki konsep adopsi RPL tersebut untuk diimplementasikan di Indonesia.

 

Permenristekdikti Nomor 26 Tahun 2016 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) menyebutkan RPL adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal atau informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal.

 

Lebih lanjut dalam paparan dituliskan bahwa penyelenggaraan RPL ini dilaksanakan dengan 2 (dua) jenis RPL yakni RPL untuk melanjutkan pendidikan formal (tipe A) bagi masyarakat umum untuk memperoleh ijazah dan RPL untuk mendapatkan pengakuan kesetaraan dengan kualifikasi level KKNI tertentu (tipe B) bagi masyarakat umum untuk pemenuhan tenaga pengajar pada perguruan tinggi dengan memperoleh ijazah penyetaraan.

 

Slamet Pujiono, salah satu Tim IT Belmawa mengatakan sosialisasi dan bimtek ini terkait penyelenggaraan RPL tipe B yang terbagi atas dua hal yakni Rekognisi kualifikasi individu ahli yang belum S2 sebagai dosen, tutor, dan instruktur (B1) dan Pengakuan individu setara dengan jenjang KKNI tertentu (B2).

 

Dalam rangka memenuhi percepatan atau penyesuaian tenaga pendidik dosen dengan kualifikasi S2, melalui kegiatan ini pendampingan dilakukan oleh Tim Teknis RPL Belmawa untuk melaksanakan RPL B2 dengan membimbing membuat akun. Melalui akun ini data-data dosen yang akan diusulkan untuk menjalani RPL dari PTS tersebut dimasukkan setelah melalui proses assessment RPL, jelasnya (fany)

 

Download Materi disini

Event

Komunitas

Link Pendidikan