Detail Berita | Daftar Berita

50 Dosen Keperawatan Hasilkan 1000 Soal Uji Kompetensi

Maret, 2018 - Makassar -- Kopertis Wilayah IX Sulawesi kembali menggelar Workshop Uji Kompetensi Prodi Keperawatan selama tiga hari dimulai Kamis – Sabtu (1 – 3/3/2018) di Continent Hotel, Jl Adyaksa, Panakkukang, Makassar.

Kopertis IX melaksanakan workshop ini bekerjasama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia (AIPVIKI) Regional VIII Sulawesi.

Workshop ini dibuka Kepala Bidang Kelembagaan dan Sistem Informasi, Drs Andi Lukman mewakili coordinator Kopertis IX Sulawesi.

Peserta workshop 50 dosen keperawatan dari 35 institusi perguruan tinggi lingkup Kopertis IX Sulawesi. Selama tiga hari peserta diberikan pelatihan untuk membuat soal-soal uji kompetensi.

Andi Lukman dalam sambutannya mengatakan, di era globalisasi saat ini perguruan tinggi menghadapi tantantangan atau persaingan yang luar biasa. Tantangan tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga luar negeri.

Dikatakan, jika kita tidak ingin tertinggal jauh dari persaingan ini, kompetensi perguruan tinggi lebih ditingkatkan lagi, tidak hanya kompetensi akademik tetapi juga adalah penguasaan bahasa asing dan teknologi informasi dan komunikasi.” Dua hal pokok inilah harus dikuasai, yakni bahasa asing dan teknologi jika tidak ngin tertinggal dari persaingan,”ujar Andi Lukman.

Ketua Panitia Workshop Ratna Mahmud, S.Kep, NS, M.Kes (Akper Muhammadiyah), didampingi Irfany, S.Sos, M.I.Kom (Kopertis IX) dan Fausia Botutihe, S.KM, S.Kep, M.Kes (Akper Pelamonia), mengatakan, dari 50 peseta yang ikut pelatihan penulisan uji kompetensi ini masing-masing membuat 20 soal.

“Berarti selama tiga hari pelatihan penulisan soal uji kompetensi peserta yang berasal dari 35 institusi keperawatan lingkup kopertis IX berhasil menghasilkan 1000 soal uji kompetensi,”ujar Ratna Mahmud.

Dikatakan Ratna ada tiga output yang diingin dicapai dari pelatihan yang dilaksanakan, yakni peserta sudah memiliki kemampuan dalam membuat soal uji kompetensi, peserta juga sudah bisa mereview soal-soal yang akan dikirim serta peserta sudah memiliki kemampuan memasukkan soal dalam IBA institusi.

Worshop Uji Kompetensi Prodi Keperawatan Kopertis IX Sulawesi yang diikuti 50 dosen keperawatan dari 35 institusi lingkup Kopertis IX Sulawesi ini ditutup, Sabtu (3/3/2018) oleh Ketua AIPVIKI Regional VIII Sulawesi, Hasriadi Lande, SKM, S.Kep, Ns, M.Kes.

Dikatakan, selama beberapa kali kegiatan pelatihan penulisan soal uji kompetensi di gelar sudah mulai terasa hasilnya. Tingkat kelulusan mahasiswa dalam uji kompetensi lingkup kopertis IX Sulawesi data 2017 mengalami peningkatan.

“Tahun 2017, tingkat kelulusan uji kompetansi mahasiswa D3 Keperawatan meningkat menjadi 82,30 persen. Dan untuk D4 Keperawatan tingkat kelulusannya sudah mencapai 97,4 persen. Padahal sebelum-sebelumnya tingkat kelulusan mahasiswa baik itu D3 maupun D4 masih sekitar 50 persen,”ujar Hasriadi.

Selama pelatihan, peserta mendapatkan materi dari narasumber Pramita Ariana, S.Kp, M.Biomed (Poltekes Jakarta yang juga Sekretaris AIPVIKI Pusat, Hasriadi Lande, SKM, S.Kep, Ns, M.Kes (Akper Makassar) yang juga adalah Ketua AIPVIKI Regional VIII Sulawesi, serta Asrijal Bakri (Stikes Stella Maris) yang juga adalah Sekretaris AIPVIKI Regional VIII.

Sementara panitia pelaksana, Dr Hawignyo MM (Kopertis IX Sulawesi) sebagai penanggujawab kegiatan, Ratna Mahmud, S.Kep, Ns, M.Kes (Akper Muhammadiyah) sekaligus sebagai ketua panitia, dan anggota Asrul Azis, SE,MM, Irfany S.Sos, M.I.Kom keduanya dari Kopertis IX dan Bahtiar Yusuf, S.Kep, Ns (Akper Makassar). Sementara moderator Fauziah Botutihe, SKM, S.Kep, M.Kes (Akper Pelamonia) (rls/http://rakyatbersatu.com

Event

Komunitas

Link Pendidikan