Detail Berita | Daftar Berita

HUT Kemerdekaan RI ke 72, 17 Agustus 2017

Baju adat yang digunakan oleh para pejabat struktural Kopertis Wil. IX merupakan ketentuan yang diharuskan oleh Presiden Joko Widodo, pada upacara memperingati Kemerdekaan RI ke 72, tanggal 17 Agustus 2017, bertempat di Growth Center, Tamalanrea, Makassar. Maksud diharuskannya para pejabat menggunakan baju adat adalah merepresentasi keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia. Inilah yang menjadikan HUT RI kali ini menjadi beda dengan HUT RI dengan tahun-tahun sebelumnya. Presiden Jokowi menginginkan pemakaian baju adat pada peringatan HUT Ri ke 72 ini, memberikan colourfull untuk menjaga rasa nasionalisme.

 

Tema HUT Kemerdekaan RI ke 72 adalah Indonesia Kerja Bersama. Sebagaimana dalam pidato Peringatan HUT Ri disebutkan Indonesia saat ini memasuk era percepatan pembangunan. Indonesia fokus pada 3 langkah terobosan untuk pengentasan kemiskinan, pengangguran, ketimpangan dan kesenjangan sosial. Ketiga langkah itu adalah Pertama, percepatan pembanguna infrastruktur. kedua, penyiapan kapasitas produktif dan Sumber Daya Manusia. Ketiga, deregulasi dan debirokratisasi.

 

Sementara inti sambutan Kemeristekdikti yang dibacakan oleh Koordinator Kopertis Wilayah IX, Prof. Dr. Ir. Hj, Andi Niartiningsih. M.P, adalah peringatan HUT RI merupakan refleksi perjalanan bangsa, serta kontemplasi sejauh mana cita-cita para pendiri bangsa (founding father) "mewujudkan bangsa merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur" telah tercapai. Oleh karena itu Menristekdikti mengajak seluruh pemangku kepentingan riset teknologi dan pendidikan tinggi bekerja bersama menjawab tantangan terbesar indonesia saat ini yaitu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia demi mewujudkan kemandirian bangsa. Untuk menjawab tantangan tersebut, kemenristekdikti telah menetapkan tujuan stategis 2019 yang akan dicapai yaitu meningkatkan relevansi, kuantitas dan kualitas sumber daya manusia berpendidikan tinggi, serta kemampuan iptek dan inovasi untuk keunggulan daya saing bangsa.

 

Upacara HUT RI Ke 72 ini, oleh Kopertis Wilayah IX, diikuti oleh para staf pegawai Kopertis Wilayah IX, para dosen DPK dan pimpinan PTS. Rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke 72 ini dimulai dari Upacara yang dilaksanakan pukul 08.00 Wita dan ditutup dengan lomba-lomba antara lain lomba lari kelereng dan lomba balap karung. Keseluruhan rangkaian kegiatan berakhir pukul 09.30 Wita

 

 

 

Event

Komunitas

Link Pendidikan